Monday 9 March 2015

"PERBEDAAN PACAR DAN KEKASIH"

dalam beberapa pengertian di KBBI, definisi pacar dan kekasih adalah sama.
tapi jika bersumber dari Al Quran, tentu definisi pacar tak pernah ada di satu ayatpun. islam mengenal kata "kekasih" atau kekasih Alloh (waliyullah) yg artinya Alloh mencintai, menyukai, dan mengasihi hamba hamba nya yg spesial.

jadi sumber referensi saya bukan dari KBBI, tapi dari Alquran.
maka kekasih tidak lah sama dengan pacar.

kekasih adalah seorang yang kita kasihi, yang pantas mendapatkan kasih kita, perhatian kita dan juga cinta kita. definisi kekasih tak terbatas pada cinta dengan lawan jenis saja, tapi definisi nya lebih universal. Dan juga tak bersifat menuntut dengan status atau semacamnya, definisi kekasih lebih memiliki esensi ketulusan dan pengapresiasian.
memberi tanpa perlu diberi, meski jika saling memberi, berarti itu ada timbal balik. maka hal itu bisa diartikan sebagai pasangan kekasih.

sedangkan pacar definisinya terbatas pada definisi saling memacari, saling mengencani lawan jenis, dengan tujuan saling mengenal satu sama lain, dan dengan tujuan tujuan lainnya dan harus di atas status yg tak berdasar, status yang dibuat tanpa dasar apa apa.

12 comments:

  1. Di KBBI, "pacar" artinya:

    pa·car [2] n 1 tumbuhan kecil yg daunnya biasa dipakai untuk pemerah kuku; batang inai; Lawsonia inermis; 2 daun inai

    Hehe. Tapi itu makna keduanya. Makna pertamanya adalah:

    pa·car [1] n teman lawan jenis yg tetap dan mempunyai hubungan berdasarkan cinta kasih; kekasih;

    ber·pa·car·an v bercintaan; berkasih-kasihan: kedua remaja itu sudah ~ sejak mereka duduk di kelas tiga sekolah menengah tingkat atas;

    me·ma·cari v menjadikan sbg pacar; mengencani: sudah lama ia ~ gadis itu;

    pa·car·an v cak berpacaran

    Jadi, benar kalau KBBI memang menyamakan "pacar" dan "kekasih". Yang jelas, cewek tentu lebih suka dikasihi daripada dipacari. Itu yang gue yakinin sejak dulu. Khe khe khe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya Pacar sama kekasih itu hakikatnya sama saja. yang membedakan cuma di bahasanya saja . Contoh 1 Jomblo sama Single. Contoh 2 Lu sama kamu. Penjelasan 1 Bahasanya lebih Formal atau lebih Keren. Contoh 2 penjelasan tentang adab atau etika. beda dengan baik vs benar. ini jelas beda. logikanya baik blum tentu benar dan yang benar pasti baik. tp klo pacar vs kekasih sama. MUNGKIN klo kekasih itu sifatnya lebih kuat dibanding pacar

      Delete
    2. Dari segi sinonim, ya benar "kekasih" bersinonim dengan "pacar". Namun, apa benar semua kata bersinonim bermakna sama? Tidak. Kata "kembang" dan "bunga" bersinonim, namun maknanya dapat berubah-ubah sesuai dengan konteks kalimatnya. Kita tidak bisa bilang "Indonesia adalah negara berBUNGA". Yang ada adalah "Indonesia adalah negara berKEMBANG". Begitu pun dengan "kekasih" dan "pacar". Yang dibedakan di sini adalah makna sejati--yaitu makna kata dalam konteks--bukan makna leksikal atau makna kamus sebagai kata independen. Pembahasan Near sudah sangat benar karena yang dibahas adalah perbedaan makna konteks. Konteks Islam dan konteks umum.

      Lagi pula, secara morfologis pun, "kekasih" sangat jauh berbeda dengan "pacar". "Kekasih" dibentuk dari kata dasar "kasih" yang diberi awalan "ke-", sedangkan "pacar" adalah kata dasar. Jadi, sudah sangat jelas bahwa kedua kata ini berbeda, bukan hanya bahasanya sebagai sinonim, tetapi esensi dan makna kata dasarnya pun sudah jauh berbeda.

      Cheers.

      Delete
    3. Betul...
      Sy sangat setuju dengan admin.

      Delete
  2. kenapa Al Qur'an tidak mengatakan sesorang yang di cintai Allah itu sebagai pacar. Karena Al Qur'an mengajarkan manusia untuk beradab atau bertika atau berakhlak.

    ReplyDelete
  3. Nah lho :D

    Berarti kata pacaran = ga beradab ya? ;D

    ReplyDelete
  4. Nah lho :D

    Berarti kata pacaran = ga beradab ya? ;D

    ReplyDelete
  5. Pendapag pribadiku. Pacar, yg menurut pendapat banyak orang adalah cinta.tapi bagi saya hanyalah mainan berupa lawan jenis, katika salah satu dari mereka sudah mulai bosan, dia berpamitan dan meninggalkannya. Atau pergi tanpa sepatah katapun.

    ReplyDelete
  6. dikatakan pacar itu karena ada ikatan atau suatu komitmen antara dua belah pihak.
    sementara kekasih tidak memerlukan sebuah ikatan. misalnya ketika kita mengasihi orang tersebut berarti itu adalah kekasih kita (org yg disayang), meskipun tidak ada sebuah ikatan pacaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gtu yaa. Makasih jawabannya, yg ini yg saya cari... Soalnya saya pernah jatuh cinta dengan teman masa kecil dia juga satu kampung dengan saya, namun kita lost kontak saat SMP sedangkan saya sudah menginjak umur 19thn.. namun knpa saya tidak bisa melupakan orang tersebut? Apakah dia kekasih saya? Sedangkan dia mengaku punya seorang kekasih saat saya lihat di Instagram nya tapi yang ia tunjukan bukan sebuah wajah (orang) melainkan hanya sebuah kalimat. Saya tidak tau jelas siapa kekasihnya, namun saat itu ada dimana dia membuat status instagramnya dengan sebuah QnA dan saya berkefikiran untuk bertanya kepadanya, "masih inget gk ini siapa?" Saya bicara seperti itu, namun ia tidak membalasnya ataupun membacanya tapi saat itu ia langsung hapus story QnA nya dan mengganti dengan story baru, disitu ia bicara bahwa "bagaimana seorang pencinta lupa terhadap kekasihnya sedangkan namanya tertulis dihatinya" saya tidak tau itu untuk saya atau siapa, karena saya juga tidak mau ke ge'eran hehe tapi dilihat dari timingnya saya pikir itu untuk saya tapi bisa jadi itu hanya kebetulan... Bagaimana menurut mu?

      Delete