Monday 28 April 2014

Pengalaman magang di Net Tv

Magang di net tv itu bener bener sesuai dengan ekspektasi saya, malah mungkin melebihi. Di net tv saya belajar dalam arti yang sebenar benarnya, karena teori dan praktek berjalan secara seimbang, tidak sama seperti ilmu yg saya dapat di universitas jayabaya yang hanya berfokus pada teori semata.
Di net tv saya belajar tidak hanya sebagai jurnalis, akan tetapi sebagai broadcaster dan juga tim creative.
Dari mulai membuat computer grafis pada headline berita, Menjadi admin sosial media, dan juga membuat naskah berita olah raga, dan feature tokoh.

Ilmu ilmu tersebut saya terima dengan cara yang tidak membosankan, karena teori yang kita dapatkan langsung dipraktekkan saat itu juga, tidak ada waktu untuk menguap ataupun bengong.
Saya magang di net tv sebagai tim kreatif di acara stripping yang berjudul " Indonesia Morning Show" acara ini adalah acara news yang dikemas secara ringan, tayang setiap hari, live dari jam 6 pagi sampai jam 9 pagi.

Kebayang kan? Kalau tayang nya jam 6 pagi, dan live pula, maka proses pra produksi nya d mulai kapan? Ya, proses magang yg saya jalani adalah proses pengeditan materi materi berita yang sudah didapatkan oleh tim liputan, istilahnya proses terakhir sebelum berita berita tersebut disiarkan. Di mulai dari jam 11 malam sampai jam 5 pagi, saya bersama tim redaksi net tv bekerja dan mengolah serta mengedit semua materi.
Dari proses itu saya tau, bahwa kerja di media tv kalau tidak kuat kuat, pasti akan kaget dan ciut, karena acara live seperti ini dituntut untuk kerja sempurna dan kerja cerdas dan cepat. Tidak ada waktu yang terbuang sia sia, segala elemen yang ada di tim harus di keluarkan secara harmonis sehingga terlahir lah sebuah karya yang sempurna.

Di acara IMS (indonesia morning show) ada 4 orang produser yang bertanggung jawab di dalamnya, 3 senior produser dan 1 orang eksekutif produser. Proses pra produksi ini sebenernya saya lewati dengan cara terbalik, kenapa terbalik, nanti ya, ikutin aja dulu alurnya, nanti juga tau kenapa bisa terbalik
Produser yang pertama kali saya kenal adalah mas hariss, mas hariss ini sudah 6 tahun melintang di dunia broabcasting tv, berawal karier di trans tv sebagai camera person di acara laptop si unyil, mas harris di "bajak" oleh net tv dan menjadi produser IMS, saya sempat sharing dengan beliau tentang bagaimana sih berkarir di dunia televisi?

Beliau dengan rendah hatinya berbagi pengalaman dengan saya, dari dia ditugaskan sebagai wartawan buru sergap kriminalitas, di sana beliau belajar arti dari hati nurani yang sebenarnya, karena menjadi wartawan kriminal adalah cara untuk mengetahui yang mana yang kejahatan yang sebenarnya dan yang mana kejahatan yang tidak sebagai kejahatan. Kasus pencurian besi rel kereta api, yg dilakukan oknum kakek2 single parent yg sangat miskin, dan mempunyai 2 orang anak kecila yang kelaparan, kasus ini menggugah hati nurani beliau yang saat itu sedang meliput. Seorang kakek tua yg mencuri demi melanjutkan hidup anak anaknya. Serta kasus pencabulan anak di bawah umur yang berujung pada adegan tembak mati oleh salah seorang kasat reskrim.

Pengalaman pengalaman itu yg membentuk mas hariss menjadi pribadi yang menciptakan acara berita yang berfilosofi "Indonesia ini tidak hanya buruk buruk nya aja ko, ada hal hal positifnya"
Ya, konsep pemberitaan di net tv ini sangat lain, di net tv, tidak ada yang namanya acara gosip, yang ada adalah data dan fakta serta hiburan.

Presenter serta konsep acara nya pun tidak ada yang mengandung lelucon lelucon sampah yang basi, tidak pula ada flash mob yang membuat ibu ibu dan bapak bapak yang mulai menjadi hilang wibawanya.
Konsep acara di net tv lebih  berusaha untuk menyadarkan masyarakat, bahwa media televisi itu adalah media yang sangat mempengaruhi orang, jika acara di tv menyajikan sesuatu yang tidak bermanfaat, maka penonton pun tidak akan menjadi orang yang bermanfaat. karena acara yang ada di media adalah sebuah refleksi dari masyarakat atau audiensnya itu sendiri, seperti teori konstruksi sosial pada media massa, salah satu contohnya adalah acara acara parodi  yang sedang hits di nusantara, parodi itu dikonstruksikan atau dibangun sesuai dengan realitas yang ada di tengah tengah masyarakat, jadi, jika masyarakat kita hobinya hanya saling mengejek dan mebuat lelucon lelucon yang tak mendidik, maka acara yang akan ada di media massa adalah yang seperti realitas tersebut.

Net tv yang saya lihat dari perspektif amatiran ini, ingin membalik teori tersebut, di mana media yang mengkonstruksi kan sebuah acara yang bermanfaat dan positif juga informatif sebagai upaya dan juga harapan, agar audiens yang diterpa oleh acara acara yang ada di net tv bisa merubah pola pikir nya menjadi ke arah yang lebih maju dan cerdas. proses afirmasi yang dilakukan media agar bisa merevolusi pemikiran para audiens dan juga masyarakat. teori ini saya sebut sebagai teori "Afirmasi Media Massa".

iklim kerja di net tv juga memiliki ke khasan, dari etos kerja yang serius tapi santai, bisa dibilang "having fun seriously and seriously having fun", atmosfer tersebut merupakan atmosfer yang berpotensi menjadi "pedang bermata dua" bisa mebuat positif, tapi juga bisa memberikan efek negatif, kenapa negatif? karena atmosfer kerja yang fun terkadang bisa membawa para pekerja nya larut dalam kenyamanan yang tak terkendali, akhirnya pekerja yang tidak "tau diri" malah memanfaatkan hal itu menjadi ajang untuk berleha leha. butuh seorang pemimpin yang bisa mengontrolnya, agar tetap pada tracknya, santai tapi deadline dan target yang harus dipenuhi tercapai.

nah, ngomong ngomong tentang gaya kepemimpinan, saya ingin membahas tentang salah satu produser yang menjadi penannggung jawab saya saat magang di net tv, namanya mas hariss, yap sudah saya singgung di paragraf  awal, mas hariss ini memiliki kepribadian yang fun, asik tapi serius, kepribadian seperti ini sangat cocok untuk menjadi sebagai floor leader atau orang yang bisa menciptakan bermacam atmosfer agar iklim kerja tidak membosankan. saya agak iri dengan kepribadian mass hariss yang satu ini :D

selanjutnya saya akan membahas tentang posisi posisi yang ada jika kalian ingin memulai karir di net tv. setau saya, posisi yang sering dibutuhkan di net tv itu adalah reporter, tapi reporter di net tv dituntut harus bisa "multi tasking", jadi tidak hanya bisa sebagai reporter, tapi harus bisa menjadi bagian dari tim creative yang memproses sebuah acara. tim creative di sini ada 2 posisi yang sering di rolling untuk reporter yang masih baru. PA (production assistant), dan PA LEAD. mari kita bahas satu persatu.

PA LEAD atau production assistant, merupakan sebuah posisi yang harus mengetahui semua komponen komponen yang ada di sebuah acara, semua detail, harus dia kuasai, agar briefing acara bisa sampai dan sama dengan bagian teknis. tekanan pada posisi ini ialah pada saat acara ON AIR, seorang PA LEAD harus bisa meberikan keterangan keterangan lengkap kepada orang orang teknis, orang teknis di sini adalah program director dan floor director, briefing atau penjelasan yang diberikan PA lead harus sampai dan dimengerti oleh orang orang teknis, agar konsep acara sesuai dengan yg telah direncanakan.

PA (production assistant) merupakan sebuah posisi yang membantu kerja para produser dalam memproses suatu berita berita sebelum tayang. pekerjaannya biasanya stand by di area editting, jika ada naskah yang sudah selesai diedit ingin di print, maka PA lah yang bertugas untuk mem print, lalu permasalahan rundown dan juga segala macam tentang jalannya proses produksi, PA lah yang bertugas untuk meringankan tugas produser yang merangkap sebagai editor naskah juga. PA juga bertugas sebagai pengontrol segala hal yang berhubungan dengan proses editting, jika ada masalah, maka PA lah yang bertugas untuk memberitahu kepada kru agar bisa diselesaikan.

hari ke hari, magang di Net tv semakin beraneka ragam tugasnya, yang awalnya cuma bikin computer grafis untuk inscriber, sekarang makin bervariasi, tugas yang paling saya sukai adalah di saat membuat "INHOUSE". Inhouse itu semacam produk berita yang diolah dengan riset internet, biasanya yang menjadi bahan beritanya adalah tokoh tokoh yang terkenal dan sudah melegenda. ada juga suatu sejarah yang sampai masa kini populer, sampai saat ini naskah Inhouse yang telah saya buat sudah 3. berbagai tips dan trik saya pelajari dalam proses pembuatan naskahnya, seperti "video as a guidance", "jangan bertele tele". maksud dari "video as a guidance" itu adalah untuk membuat sebuah naskah, video menjadi tuntunannya, jangan membuat materi naskah yang materi videonya tidak ada, pasti akan menjadi masalah jika audio tidak sesuai dengan visual, tapi jika berdasarkan video kita membuat materi naskahnya, maka lebih fleksibel.

============================================================


Assalamualaykum bradaaa semua ??? hehehe

maaf ya, setelah vakum hampir dua tahun ngeblog, akhirnya gue come back lagi, buat lanjutin nih tulisan yg belum diberikan ending di dalam nya.

okeeehhh, setelah tulisan gue yg di atas merupakan pengalaman yang wah tentang indahnya kerja di media..

sekarang saat nya gue memberikan konklusi dari semua pengalaman yg sedikit gue dapatkan saat gue kuliah dan juga magang di net TV (media mainstream negara ini)


here it is :

Gue menyebut nya sebagai




- Sebuah catatan penikmat, mahasiswa media yang ada di ke abu abuan -



semakin mempelajari media semakin diri ini menjauhinya,,, bukan karena media itu buruk, bukan. tapi yang ada di dalam media itu yang bermasalah

di dalam media, ada teori yang namanya "konstruksi realitas sosial", teori old school yang dipakai oleh peneliti skripsi jurnalistik

di dalam teori itu disebutkan bahwa "media dalam menangkap segala kejadian, tidak serta merta 100% fakta itu diberitakan ke khalayak"

dgn kata lain, media memilah, memotong, bahkan membangun kembali realitas atau kejadian yg awalnya kejadian murni menjd kejadian yg dibentuk atau diimprovisasi

fakta yang dikonstruksikan, yang dibangun oleh media guna menggiring opini khalayak yg diterpa oleh media tsb

dgn kata lain, jika media adalah pengupas kacang, maka media hanya memberi kulitnya ke pada kita, pemirsa. lalu kacangnya? entah ditaruh dmn

itulah yg saya lihat di media media mainstream tanah air, atau mungkin juga media media di  luar negeri.

Lalu bagaimana dengan media media anti mainstream ?
Media media antimanistream yang mayoritas adalah media media yang dikelola secara inhouse, dan non profit media, dominan melawan arus dan saling bergesekan dengan media mainstream yang besar.

Jika media mainstream memberitakan peristiwa A, maka media media antimainstream akan memberitakan peristiwa A yang diolah secara kontradiktif dengan media mainstream.

Tujuannya sama, menggiring opini masyarakat yang diterpa oleh media. Seperti teori dialektika, di mana ada tesa, antitesa, kutub hitam dan kutub putih. Yin dan yang.

Tapi jika ada tesa dan antitesa, lalu mana sintesa nya, mana penyelesaiannya, penyeimbang antara kutub hitam dan kutub putih?

Kita saja para khalayak media tidak tau mana yang hitam mana yang putih, kita dibiarkan terombang ambing di tengah tengah ke abu abu an, ketidak pastian antara hitam dan putih


Antara kesalahan dan kebenaran, dan lama kelamaan, definisi kebenaran yang hakikatnya adalah mutlak, malah menjadi relative, kebenaran menjadi berbeda layaknya hujan lokal, di sini benar, di sana belum tentu benar.

============================================================

Yap, itulah konklusi nya

Tulisan ini gue buat, berdasarkan pengalaman gue dan juga field yg telah gue jalani selama 5 tahun di bangku perkuliahan.

pilihan untuk berkarir di media dengan keadaan saat ini, merupakan tetap keputusan kalian semua.


tapi kalau saya pribadi, 

"SAYA MEMILIH TAK INGIN BERKARIR DI MEDIA MAINSTREAM"



217 comments:

  1. mas mau nanya, cara biar bisa magang disana bgaimana ?
    harus dtg langsung bwa surat atau bisa via online ?

    ReplyDelete
  2. kalau saya sih dateng langsung ke HRD nya mas, untuk saat ini, program Indonesia Morning show yg available buat magang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dari jurusan tertentu kah? Karena saya jurusan sastra dan tidak ada basic sama sekali

      Delete
    2. coba taro aja di HRD nya,, kemungkinan bisa ko :)

      Delete
    3. boleh tau di HRD-nya nanti ketemu sama siapa kak?

      Delete
    4. Sama mas agung.. coba taro aja yah.. :)

      Delete
    5. permisi mas mau nanya saya kan mahasiswa yang mau magang juga disemester 4 nanti kira-kira syaratnya apa aja yah..??

      Delete
    6. Cuma ada dijakarya y kak

      Delete
  3. Persyaratan.nya apa aja ya mas kalo mau magang disana ?

    Magang.nya dibuka bulan apa & minimal berapa bulan buat magang
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma bawa surat pengantar magang dari kampus, trus cv dan surat lamaran, klo buat skrg sii lg butuh di acara Indonesia Morning Show, minimal sebulan

      Delete
  4. Halo ka :)
    ka apa masih buka lamaran magangnya di net?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kayaknya, lempar ke HRD nya aja :D

      Delete
    2. saya mau kerja di net tv tapi bkn utk magang lagi, yang bner2 kerja. bagaimana ya caranya? saya basicnya dari manajemen, mau account executive net tv gtu.

      Delete
    3. Wah klo itu langsung saya kurang tau.. pembukaan angkatan baru di net.. setau saya sebentar lagi. Coba apply aja

      Delete
    4. bisa minta kontak personnya net tv ga mas? soalnya saya cari2 ga ada. bingung mau nelpon ke sana dulu gtu. alamat net tv dimana ya?

      Delete
    5. Pt. Net Mediatama Indonesia
      Gedung the east lt 28&29 jl.lingkar mega kuningan kav E3.2 no.1 kuningan timur, setiabudi, jakarta 12950. Tlp. 021-29546100 fax.021-29546200

      Delete
    6. makasih bnyk ya mas infonya, pengen banget bsa kerja dsana. hehhe.. :)

      Delete
    7. Sama2.. semoga tercapai dan kerja d sana :)

      Delete
    8. bang abdul, smk multimedia bisa magang disana gak? btw lagi nyari tempat magang nih

      Delete
    9. Hanya ada dijakarta y kak

      Delete
    10. ASSALAMU'ALAIKUM.WR.WB...

      KA MASIH ADA LOWONGAN PKL GAK BUAT BULAN JANUARI UNTUK SMK JURUSAN MULTIMEDIA ?

      Delete
  5. ada e-mail khusus untuk magang di Net nggak ya ? alamat Net Tv di mana ?
    soalnya saya dari luar jakarta, saya kuliah jurusan Public Relations.
    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamatnya di mega kuningan gedung THE EAST

      Delete
  6. Harus langsung ke gedung net nya ya kak? nggak bisa via email kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dateng ke hrd nya trus nanya ke mas agung, msh available ga buat magang. Gitu ^^

      Delete
  7. aku boleh minta contact kk ngga?hehe makasih :)

    ReplyDelete
  8. Buat yang magang di ims itu masuknya setiap hari ya?

    ReplyDelete
  9. Halo, mau nanya nih, NET masih terima anak magang gak yah? Thank you

    ReplyDelete
  10. kalau untuk sekarang saya ga tau mbak.. soalnya magangnya saya udeh kelar dr 3 bulan yg lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas saya mahasiswa ilmu Komunikasi Usu. Saya tinggal di medan. Kalau saya daftar atau kirim berkas2 nya lewat email bisa..? alamat emailnya apa gtu mas. Kalau saya diterima magang baru saya akan terbang ke jakarta.:)

      Delete
  11. Hai munir, boleh minta kontak info kamu ga? Gw mau tanya2 soal magang di net tv hehehe
    Kalo boleh email in ya ke lu2_mogi@yahoo.com
    Big thanks :)

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Saat melamar magang hingga diberi kabar diterima magang, jeda waktunya berapa lama ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. saya semalem baru di-email oleh net untuk melakukan interview hari ini, nah kok ane disuruh test psikotest gan.., waktu itu ente disruh test psikotest gak? padahal saya mau internship bukan kerja, memang sih subject email yang dikasih net, undangan calon karyawan NET..

    ReplyDelete
  15. Gw juga waktu itu ada psikotesnya kok.. ikutin aja bro jalannya.. :D

    ReplyDelete
  16. OKE bro, skarang gw udah magang di NET.. ternyata atmosfirnya super excited. thanks loh bagi pengalaman di blog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro. Emailmu apa?
      Ini aku bulan ini juga mau magang di NET.
      Kita mungkin bisa kontak"

      Emailku yulian.ahmad.firdaus@gmail.com

      Delete
  17. Bro, kira" magang di NET ada ketentuan pke baju apa nggak bro?

    ReplyDelete
  18. Ga ditentuin bgt sih.. tinggal pake kemeja atau polo shirt aja.. yg penting rapi

    ReplyDelete
  19. Itu bro iqbal dpet email dari net emangnya sebelumnya ngapain dulu kok bisa dpet email suruh interview?

    ReplyDelete
  20. Halo kak, boleh minta contact kakak soal magang di net?

    ReplyDelete
  21. Tanya jawab lewat bloger ini aja yah ;)

    ReplyDelete
  22. mf kak saya mau nanya ...kemaren tgl 10 oktober 2014 saya dari padang langsung mendatangi kantor net tv di gedung the east lantai 29 terus saya langsung antarin berkas-berkasnya ke hrdnya. jadi kapan saya di hubungi dan udah berapa minggu gak ada kabarnya kak.saya berharap mau magang disana kak.besar harapan saya untuk diterima disana kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. mudah2an keterima, jauh bgt dr padang..
      Sebelumnya.. ngasih berkasnya ke siapa? Soalnya klo ga tepat dan ga d follow up trus agak susah. Biasanya paling lama seminggu udh d panggil klo masuk.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Klo ga d panggil2 selama 1 minggu lebih.. kemungkinan ga keterima. Tapi mudah2an prediksi gw salah

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo masalah dmana program kamu bsa masuk itu tergantung mreka butuh nya dmana.. jd ga bsa milih sesuka kita. Dan posisi biasanya ditaruh sesuai sama jurusan kamu pas kuliah

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  24. Mas kalau magang tapi gak pake pengantar dari kampus bisa gak ya? Buat ngisi libur kuliah aja gitu. Terimakasih:)

    ReplyDelete
  25. Via email aja ya. uchihayasui@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Hm.. yaudh.. lupain net. Move on ke yg lain :)

      Delete
  26. Hallo ayu andria, saya juga begitu, saya sudah hampir 2 bulan nggak dipanggil",

    Pngen tw crta lengkapku via email aja, yulian.ahmad.firdaus@gmail.com

    ReplyDelete
  27. ka, bales email ku ya :)

    ReplyDelete
  28. gaji internship di net berapa bro????

    ReplyDelete
  29. Bro, bisa minta alamat email tim kreatif atau tim program acara dari NET TV? Atau alamat email mas Haris yang tadi di ceritakan? Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  30. maaf mau nanya kalau anak smk persyaratannya juga sama atau enggak ya? kalau boleh, saya mau minta alamat email/ nomor handphone salah satu HRD di Net TV untuk informasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. NET TV hanya menerima Fresh Graduate D3/S1 dan IPK Minimal 3.00
      untuk SMK/SMA blm bisa.

      Delete
  31. Mau nanya dong, magangnya masih dibuka gak ya?

    ReplyDelete
  32. Mau nanya dong, magangnya masih dibuka gak ya?

    ReplyDelete
  33. Kak, waktu itu magangnya sendiri apa bareng sama temennya ?

    ReplyDelete
  34. kak kalau misal magang itu bisa nentuin sendiri posisi tertentu / perusahaan yg nentuin?

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. mas tau ngga bagian2 di net apa aja buat magang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soal itu. Saya kurang tau

      Delete
    2. assalamu'alaikum.wr.wb...

      mas masih ada gak PKL di NET untuk di antara januari dan februari...untuk smk jurusan multimedia..kalo boleh tau di NET PKL paling Lama Berapa Bulan...?

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. mas pas diinterview apa aja yang ditanyain?

    ReplyDelete
  39. mas pas diinterview apa aja yang ditanyain?

    ReplyDelete
  40. Banyak. Saya agak lupa apa aja. Tapi pertamyaan2 umum kok

    ReplyDelete
  41. gan, mau nanya nih..
    kalo tempat agan mangan di net media itu gedung nya punya sendiri atau sewa gedung sih..?

    trus agan waktu magang disitu mulai dari jam berapa sampai jam berapa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo gedung, ane ga tau deh.

      magang mulai jam 11 malam sampai jam 11 siang

      Delete
    2. Itu jam kerjanya 12 jam per hari? Itu iyungan lembur apa gimana? Susah banget ga sih kerjaan disana?

      Delete
    3. Normal 12 jam perhari klo di IMS. Bahkan lebih bisa jg.

      Susah2 menantang lah

      Delete
    4. Normal 12 jam perhari klo di IMS. Bahkan lebih bisa jg.

      Susah2 menantang lah

      Delete
  42. assalamualaikum. gan klo surat lamaran magang di simpang di pos satpam di pangging ga ya,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pos satpam gedung di lantai 1?

      Delete
    2. Lah ini si tim creative sitkom The East (Aloi Dimas)

      Delete
  43. klo di pos satpam, yg baca ya satpam, bukan hrd nya :D

    ReplyDelete
  44. Mas, mau tanya nih ...
    kebetulan saya juga rencana nya mau kerja di NET., saya masih pelajar mau daftar di BSI jurusan Broadcast apa bisa?...
    ooh ya 1 lagi, kalau kerja di NET. kita di kasih waktu libur mas ? saya denger di televisi lain kerja sampai 7x24 jam hehe ... makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Broadcast bisa.

      Ada libur nya kok. Kadang masuk 5 hari libur 2 kali.

      Delete
  45. Kalo ngirim berkasnya via jasa kirim ke hrd bisa nggak? atau harus ngasih secara personal?

    ReplyDelete
  46. boleh minta pin bbm agan?ane tertarik magang di net,ane mahasiswa semster akhir jurusan broadcast.

    ReplyDelete
  47. halo kak. saya tertarik nih magang di Net. saya jurusan multimedia perfilman. kalo cv sama portofolio dikirim lewat email bisa ga ya? soalnya saya diluar kota. trims. ditunggu balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Lagi ada vacancy buat magang di net. Cv nya bisa d kirim via email. Cek d website nya deh

      Delete
  48. Kak kira² anak smk bisa magang di net tv ngga ?minta saran nya dong ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini sih yg magang mahasiswa. Tapi coba aja apply dulu

      Delete
    2. Yg di bawa apa aja kak ?

      Delete
    3. Cv surat lamaran dan surat pengantar dari kampus

      Delete
    4. NET TV hanya menerima Fresh Graduate D3/S1 dan IPK Minimal 3.00
      untuk SMK/SMA blm bisa.

      Delete
  49. hai kak. saya puteri elysia dari surabaya. sekarang saya semester 6. dan berencana akan magang bulan depan. semalam saya baru tau ada pengumuman internship di net tv. tp dtutup 10 april :( boleh minta twitternya kak? untuk tanya2 lebih lanjut. terima kasih :)

    ReplyDelete
  50. hai kak, saya tari dari medan. numpang nanya nih. sebelum kita magang di net ada trainingnya apa enggak. pertamanya diajari dulu kan. net tv terima prakerin anak smk gak. terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pake training. Langsung learning by doing

      Setau saya sih harus anak kuliahan. Tapi coba apply aja

      Delete
  51. Nice Info Wah Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://sewatvplasmadisurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  52. Wah mas.. supersekali ceritanya,
    Ane setuju kata ente yang bilang "Indonesia engga terkenal buruknya aja kok, banyak baiknya" sama kata ente yang "bahwa acara televisi dapat mempengaruhi penontonnya"
    btw ane baru smk dan kebetulan jurusan yang ane pijak saat ini multimedia.
    Pengen ngerasaiin pkl di pertelevisian, agan kira kira di net menerima siswa smk untuk pkl disana engga? thanks gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba apply aja mas. :)

      Delete
    2. NET TV hanya menerima Fresh Graduate D3/S1 dan IPK Minimal 3.00
      untuk SMK/SMA blm bisa.

      Delete
  53. saya mau nanya nih mas kalo untuk pekerjaannya sistemnya kontrak, karyawan atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu saya kurang tau mbak

      Delete
    2. mas saya bisa minta contactnya? saya pengen banget magang dan kerja dinet.

      Delete
    3. 6 bulan kontrak, selanjut nya pegawai tetap. Ijasah tidak ditahan.

      Delete
    4. Halo mas aloy dimas.. saya fresh graduate dr jurusan psikologi kalau saya mendaftar magang utk bidang broadcast seperti production assistant gitu bisa ngga ya? Thanks

      Delete
    5. Halo mas aloy dimas.. saya fresh graduate dr jurusan psikologi kalau saya mendaftar magang utk bidang broadcast seperti production assistant gitu bisa ngga ya? Thanks

      Delete
  54. Klo misalkan saya pengen magang di net tapi jurusan aaya SI tapi saya lebih tertarik di bidang cameraman apakah bisa bang ?

    ReplyDelete
  55. Wah, seru juga pengalaman magangnya !

    Jadi inget TEMPAT MAGANG DI JOGJA dulu sewaktu belajar tentang dunia internet marketing.
    Nggak kalah seru lah, meski gak punya basic IT tapi tetap dibimbing 3 bulan sampai bisa menghasilkan di dunia internet marketing.

    Salam kenal dan semoga sukses selalu :D

    ReplyDelete
  56. Bro Abdul, bolehkah saya kontak via email aja? Kalo boleh tau apa email nya? Atau langsung email saya saja? Ada hal inti yang mau ditanyain tentang intership anda ini. Thankyou loh ;)

    ReplyDelete
  57. Di batesin ga si mas minimal semester berapa gitu untuk magang di net?

    ReplyDelete
  58. kak, kalo buat magang di net bulan juli tp baru bisa ngurus sekarang, kira2 masih bisa gak ya? makasih banyakk

    ReplyDelete
  59. kalo daftar dulu lewat online situs.a apa ya ? makasi

    ReplyDelete
  60. kalo daftar dulu lewat online situs.a apa ya ? makasi

    ReplyDelete
  61. Maaf slow respon. Add line saya aja ya near14890

    ReplyDelete
  62. Min, kalo mau magang di net tv tapi inisiatif sendiri bukan di tugas.i magang sama kampus boleh.nggak,?

    ReplyDelete
  63. mas itu buat smk gk bisa ya?soalnya tdi sya ke resepsionis net tv gk bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak bisa. Minimal d3.

      Delete
    2. Mas aloy dimas, magang tanpa surat pengantar bisa gak, saya D3 Broadcasting semester akhir, terus kalau magang maksimal berapa bulan ya mas, thx....

      Delete
    3. Mas aloy dimas, magang tanpa surat pengantar bisa gak, saya D3 Broadcasting semester akhir, terus kalau magang maksimal berapa bulan ya mas, thx....

      Delete
    4. Mas aloy, saya udh beberapa kali ngirim email ke bebrapa program net tv, juga yg bagian hrd nya, belum ads respon, kalo boleh tau program magangnya ada ketentuan bulan gak ya mas aloy , apa ada cara2nya ? , tkhyou banyak mas

      Delete
  64. mas buat berkas2 nya bisa dikirim lewat e mail atau lewat pos ga?

    ReplyDelete
  65. saya dari jurusan advertising ilmu komunikasi, apa bisa magang di net kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Asal lulus Psikotes magang dl.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. mas, klu alamat recuitment net tv ada ngga ?
      lebih baik leawat email / dikirim via pos ya.
      trims

      Delete
  66. ka saya boleh minta kontak kk? buat nanya-nanya tentng prakerin di Net

    ReplyDelete
  67. ka saya boleh minta kontak kk? buat nanya-nanya tentng prakerin di Net

    ReplyDelete
  68. ka saya boleh minta kontak kk? buat nanya-nanya tentng prakerin di Net

    ReplyDelete
  69. di NET TV bisa untuk PKL SMK jurusan Multimedia ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum. Mas, saya Annisa Mahasiswi Semester 6 dari jurusan Akuntansi.
      Net buka magang untuk jurusan akuntansi juga ga? atau hanya jurusan yang terkait tv saja? Terima kasih.

      Delete
  70. Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) bisa magang di net gak??
    pengen banget magang di sana

    ReplyDelete
  71. S.pd bisa jd production assistant ga sih mas? Net buka lowongan nih tp ga ditulis detail harus lulusan apa. Buat acara bulan nov-feb

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. http://career.netmedia.co.id/home/news/55/net-latest-job-vacancies



    Munkin Ini X Ya mas

    ReplyDelete
  74. mas saya pengen tanya kalau anak smk bisa ga yah magang di sana mohon infonya butuh banget nih?

    ReplyDelete
  75. Mas Di netmedia Pelajar SMK Boleh ga magang disana?

    ReplyDelete
  76. Mas abdul saya diluar kota, udh bebrapa kali ngirim email ke bbrp alamat email net slow respon tapinya, diinternet info jg info kurang banget hehe, kalo program magangnya ada ketentuan bulannya gak mas abdul, dan pas saya baca komentar2 diatas td mas abdul langsung diterima hari itu juga ? Bisa ngasih masukan2 gak mas ? Hehe thankyou banyak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bulannya, dulu, minimal 1 bulan,, alhamdulillah, saat itu saingan masih sedikit yg mau magang di net, jd agak mudah :)

      tapi sekarang sudah ketat

      Delete
  77. mas, saya mau tanya saya sudah beberapa kali coba mengirim email ke alamat yang tercantum didalam website tetapi selalu direject oleh pihak net setalah saya dikirim mail delivery subsystem dengan alasan "message size exceeds fixed maximum message size" padahal saya sudah mencoba berulang kali dengan file tanpa mengisi kolom pesan dan melampirkan data dalam format raw. kira - kira itu kenapa ya ? saya sudah coba berulang kali kirim email ke internship@netmedia.co.id tapi selalu gagal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sudah ganti email mungkin, cek lagi info internship net by website nya aja

      Delete
  78. mas.. klo untuk salary gimana dsana?
    klo untuk PA jam krja nya tau ga kira"?









































































































    ReplyDelete
  79. Mas Kosan yang deket ke net dimana yah? sekitar 500rb lah

    ReplyDelete
  80. Ka saya marissa, saya mau nanya klo magang dari jurusan Broadcasting itu di NET ada yg lagi buka gk?
    Dan yg di buka di Bagian apa aja ya ka?
    Dan persyratan nya apa aja?
    Dan di tujukan nya ke mana ka??

    ReplyDelete
  81. Kak saya mau nanya, kalo magang di net bagian engineer nya ada gak? Soal nya jurusan saya elektro

    ReplyDelete
  82. bang mau tanya Berkas resume buat magang ke net ini apa aja saya dari kalimantan, kalo di kirim via email gapapa kah atau kirim berkas via jne?

    ReplyDelete
  83. mas untuk magang ataupun kerja ada trainingnya dulu apa gak? saya ini dari jurusan psikologi kira" posisinya nanti bakalan sesuai dengan jurusan kita apa bisa beda?

    ReplyDelete
  84. mas ini untuk anak smk bisa ga? atau khusus mahasiswa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. NET TV hanya menerima Fresh Graduate D3/S1 dan IPK Minimal 3.00
      untuk SMK/SMA blm bisa.

      Delete
  85. gan kalo untuk fakultas ekonomi kira kira bisa ga magang di net tv

    ReplyDelete
  86. Mas untuk siswa smk jurusan broadcasting itu bisa gak magang/pkl di stasioun tersebut? misal bisa apa aja mas yang harus terpenuhi persyaratanya mas?Mohon pencerahnya soalnya lagi butuh banget buat tahun depan awal bulan.mohon dibalas,Terimakasih.
    Emailnya @freza.ejaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. NET TV hanya menerima Fresh Graduate D3/S1 dan IPK Minimal 3.00
      untuk SMK/SMA blm bisa.

      Delete
  87. --- For your Information ---
    NET TV hanya menerima Fresh Graduate D3/S1 dan IPK Minimal 3.00
    untuk SMK/SMA blm bisa.

    ReplyDelete
  88. --- For your Information ---
    NET TV hanya menerima Fresh Graduate D3/S1 dan IPK Minimal 3.00
    untuk SMK/SMA blm bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  89. kira2 bisa untuk prakerin tidak ya kak ?

    ReplyDelete
  90. mas kalau hrd net buat ajukan magang sekarang siapa ya ?

    ReplyDelete
  91. sapa tau ada HRD stasiun TV Baca , kalau kalau bisa bantu and ada yang bisa bantu masuk ke perusahaan pertelivisian Ane lulusan D3 Manajemen informatika , keahlian microsoft ofice , photoshop, sedikit bisa editing Video dan cekrek cekrekin Kamera.ngeblog . kalau ada yang bisa bantu hub. WA. /Cp. 085267609559 . trims.

    Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/bryantvhardi/oh-jadi-segini-yah-gaji-karyawan-televisi_577f76ec159373ff16c63402

    ReplyDelete
  92. sapa tau ada HRD stasiun TV Baca , kalau kalau bisa bantu and ada yang bisa bantu masuk ke perusahaan pertelivisian Ane lulusan D3 Manajemen informatika , keahlian microsoft ofice , photoshop, sedikit bisa editing Video dan cekrek cekrekin Kamera.ngeblog . kalau ada yang bisa bantu hub. WA. /Cp. 085267609559 . trims.

    Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/bryantvhardi/oh-jadi-segini-yah-gaji-karyawan-televisi_577f76ec159373ff16c63402

    ReplyDelete
  93. mas saya mau nanya masih ada lowongan gak mas dinet buat anak smk pkl disanah jurusan broadcasting dan multimedia?

    makasih tolong direspon mas

    ReplyDelete
  94. mau tanya dong, waktu interview ada hal-hal yang harus dihindari & diperhatikan ga?

    ReplyDelete
  95. Mau tanya dong ka, apakah betul kalo mau PKL di Net TV harus buat 500 lembar semacam kliping?

    ReplyDelete
  96. Mau tanya dong ka, apakah betul kalo mau PKL di Net TV harus buat 500 lembar semacam kliping?

    ReplyDelete
  97. kak boleh Tanya? untuk magang di net sekitar bulan Juni 2017 awal ada engga yaa? kalau magang di net itu minimal berapa bulan? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketersediaan magang di net bisa di liat di web nya, minimal magang sebulan

      Delete
  98. kakk mau tanya,,ada loker tidak ya di net untuk S1 jurusan Ekonomi Manajemen Pemasaran ..mohon infonya. terimakasih

    ReplyDelete